top of page
Search
  • nagitaindrianiyumn2

Menjaga Komunikasi Pelanggan dengan Customer Relationship Management (CRM)



Customer Relationship Management (CRM) yang saat ini sedang berjalan di perusahaan dan usaha mereka untuk mendapatkan pesanan, tender, pelanggan, dan juga mempertahankan customer, masih menggunakan metode lama, yaitu dengan cara direktur utama memberikan suatu informasi produk dan bidang kerja kepada bagian marketing, lalu bagian marketing ikut tender-tender yang diadakan oleh beberapa perusahaan untuk mendapatkan pesanan pembuatan produk dan jasa. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.


Pada saat ini, customer yang memesan produk dan menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan akan meminta dan mengecek bahan baku sesuai pesanan mereka langsung ke warehouse perusahaan untuk mengetahui produk yang dipesan bahan, kualitas dan bentuk atau modelnya sesuai dengan pesanan mereka.


Perusahaan untuk mempertahankan customer-nya menggunakan cara-cara seperti menjaga komunikasi saat atau di luar proyek berjalan, memberikan jaminan maintenance pada saat retensi ataupun di luar jangka waktu tersebut. Yang dimaksud dengan maintenance di sini hanya apabila produk yang dipesan customer rusak dikarenakan kesalahan pihak perusahaan atau bisa dikatakan sebagai kecacatan dari produk mereka, maka perusahaan akan mengecek dan memperbaikinya. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.

1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page